PROFIL

SEJARAH DAN VISI MISI SMA ISLAM ANDALUSIA KEBASEN

SMA ISLAM ANDALUSIA KEBASEN merupakan sekolah kedua yang didirikan oleh KH Zuhrul Anam Hisyam sebagai sekolah lanjutan bagi para santri SMP Islam Andalusia, namun tidak menutup kesempatan bagi para calon santri selain lulusan SMP Islam Andalusia. Sekolah ini berlokasi di Desa Randegan, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Serupa dengan SMP Islam Andalusia, SMA Islam Andalusia juga menerapkan sistem Boarding School Management, dimana konsep pembelajaran dipadukan dengan Pondok Pesantren sehingga peserta didik diwajibkan tinggal di asrama pesantren yang berada dekat dengan komplek sekolah.

KH. Zuhrul Anam Hisyam atau biasa disapa Gus Anam sebagai penggagas sekaligus Khodim pesantren–yang memandu berdirinya SMP dan SMA Islam Andalusia Kebasen–bertekad untuk membangun sebuah pendidikan formal yang berkualitas dengan didampingi tenaga pengajar lulusan pesantren-pesantren salaf serta alumni Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang memiliki Takhassusot Ilmiah yang kompeten.

            Awalnya, nama ‘Andalusia’ dipilih atas masukkan dari Alm. Al Murobbi As Syaikh Maimun Zubair. Sebagaimana banyak orang tahu bahwa Andalusia adalah salah satu wilayah di Spanyol yang pada masanya, sekitar abad ke 12 M merupakan pusat kejayaan Hadhoroh Islamiyyah (peradaban islam) dalam bidang intelektual. Ghirah (semangat intelektual) para pemikir besar dari Andalusia yang muncul pada masa itu, seperti Ibnu Rusyd (filsafat), Abbas Ibnu Famas (Ilmu kimia dan astronom), sejarah dan geografi (Ibnu jubair dari Valencia, Ibnu Batutah dari Tangier, Ibnu Kholdun dari Tunis, Abu Hayyan, Abu ja’far, Ibnu Ad Dho’I, Ibnu Al Hajj), dan Muhammad Ibnu Abdillah Ibnu Malik dengan karya besarnya Kitab Alfiyah Ibnu Malik menjadi referensi lahirnya SMA Islam Andalusia Kebasen.

            Dengan demikian nama ANDALUSIA dinilai selaras dengan visi dan misi sekolah. Dalam upaya memaksimalkan transfer ilmu, maka SMA Islam Andalusia Kebasen menggunakan Full Day Learning , yaitu pembelajaran dilakukan selama sehari penuh baik di sekolah maupun di pesantren dengan penekanan pada penguasaan ilmu gramatikal bahasa Arab secara penuh dan menyeluruh meliputi nahwan, shorfan, I’rooban, I’laalan wa balaghotan serta kosa kata Arab, hingga mencapai standar baku dalam kafa’ah lughowiyyah bahasa Arab, yakni nuthqon shohiihan dan kitaabah sholiihah.

            Untuk menunjang tujuan tersebut SMA Islam Andalusia Kebasen menambahkan kurikulum Diniyyah dengan target peserta didik mampu menguasai konsep dan dasar-dasar gramatikal bahasa Arab dan hafal kitab Jurumiyyah, Imrithi, Nadhom Maqshud dan 1000 bait Kitab Alfiyah Ibnu Malik sehingga dapat membekali untuk mendalami bidang-bidang keilmuan Islam lain yang lebih luas pada jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi baik didalam maupun luar negeri, atau melanjutkan di pesantren induk At Taujieh Al Islamy. Akhirnya semoga sekolah ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas dan dapat ambil bagian dalam memajukan bangsa dan agama. Amiin amiin ya robbal’alamin.

VISI SEKOLAH

“Terwujudanya Insan Berakhlaqul Karimah, Unggul dalam Khasanah Keilmuan Islam, Berpengetahuan Modern, serta Berwawaskan Kebangsaan.”

 

MISI SEKOLAH

– Mewujudkan Peserta Didik menjadi insan yang jujur, beradab dan bermartabat

– Membentuk Peserta Didik yang mampu menerapkan paham Ahlussunah Wal Jama’ah dalam kehidupan sehari-hari

– Mengembangkan kemampuan Peserta Didik dalam bahasa Jawa, Indonesia, Inggris dan Arab

– Menyelenggarakan Pendidikan yang memadukan ajaran kitab-kitab klasik dan kontemporer

– Mencetak Peserta Didik yang memiliki profil belajar Pancasila

– Menyiapkan Peserta Didik yang berdaya saing tinggi dan berprestasi